-->

Bagaimana Sholatnya Orang Yang Kelihatan Dagunya ?

Sholat Kelihatan Dagunya, apakah sholatnya sah ? - Dengan berkembangnya dunia mode di Indonesia khususnya, yang semakin cepat menggeliat. Tidak pada pakaian atau trend busana remaja saja, melainkan mode juga merambah pada baju muslim kalau sekarang namanya gamis, bahkan tidak hanya pada busana muslin melainkan pada mukena yang saat seorang perempuan untuk melaksanakan sholat juga terkena oleh trend mode jaman sekarang.

Bagi kalangan muslimah khususnya anak muda atau remaja, cenderung mereka lebih suka memakai "mukena potongan" atau mukena atasan dan bawahan, dilengkapi dengan berbagai variasi atau pernak pernik agar terlihat indah saat di pandang. Mereka tidak melihat ke depan dan menatap kenyataan bahwa dengan mereka memakai mukena tersebut pergelangan tangan, lengan, serta leher bisa nampak dari bawah saat rukuk. Selain itu juga biasanya dagu tidak tertutup dengan baik sehingga akan kelihatan.

Bagaimana sholatnya orang yang kelihatan dagunya ?


Pertanyaan :
  1. Bagaimanakah cara menutup aurat yang baik dan benar bagi muslimah menurut ilmu fiqih ?
  2. Bagaimana ilmu fiqih menanggapi fenomena tersebut di atas ?

Pertimbangan :

Dalam hal menutup aurat, yang namanya wanita atau perempuan memiliki syarat atau ketentuan yang lebih berat atau ketat dari pada seorang laki-laki. Mulai dari batasan-batasan aurat hingga sampai cara menutupnya. Sebagai dasar, bisa anda lihat di Al-Qur`an surat An-Nur ayat 30 s.d. 31.

Dalam isi atau arti surat tersebut menyebutkan bahwa bagian aurat dari seorang wanita atau perempuan yaitu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan bagian dalam. Sedangkan untuk seorang laki-laki bagian aurat yang harus di tutupi adalah bagian anggota tubuh dari mulai pusar sampai lutut.

Dengan demikian sudah jelas bahwa seorang wanita atau perempuan harus menutup seluruh anggota tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangan. Batas wajah yaitu mulai dari tumbuhnya rambut kepala sampai ujung tulang rahang bagian bawah. Sedangkan batas lebar bagian wajah yaitu antara telingan kanan dan kiri. Dan batas telapak tangan yaitu telapak tangan bagian luar maupun dalam kecuali bagian pergelangan tangan. 

Oleh karena itu, untuk menutup sempurna bagian wajah khususnya bagian kening bisa anda gunakan dengan memakai kerudung atau kain agar saat bergerak bagian depan tidak terbuka. Selain itu juga mukena bagian dagu harus di tarik ke depan, tepat di bawah bibir. Langkah seperti ini untuk mengantisipasi demi menjaga kesempurnaan sholat kita.

Ketika kita melaksanakan sholat, aurat kita harus tertutup rapat dari semua arah kecuali arah bagian bawah. Sedangakan apabila terlihat aurat dari arah bawah tidak akan menyebabkan batalnya sholat. Yakni bagi laki-laki dari bawah lutut dan bagi wanita bagian bawah telapak kaki. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat gambar cara benar memakai mukena dan beberapa kesalahan yang terjadi di masyarakat berikut.

Bagaimana Sholatnya Orang Yang Kelihatan Dagunya ?
Sholat yang Benar dan Keliru


Bagi muslimah pengikut madzhab Imam Syafi`i yang sudah mengetahui cara menutup aurat yang benar ketika sholat, maka wajib mengamalkannya. Sedangkan bagi anda yang belum mengetahui penggunaan yang tidak sesuai, karena belum mengetahui maka hukum sholatnya tetap sah. Namun ketika sudah mengetahui cara memakai mukena yang benar maka harus segera dan wajib mengamalkannya.

Jawaban :
Cara menutup aurat bagi wanita atau perempuan ketika saat sholat yaitu tertutupnya seluruh anggota tubuh kecuali wajah dan telapak tangan dari segala arah kecuali dari arah telapak kaki. Sehingga saat terlihat dagu, leher, lengan atau pergelangan tangan menggunakan mukena potongan dapat membatalkan sholat. Kecuali jika  perempuan itu atau wanita tersebut masih awam atau belum mengerti, maka hukumnya berbeda.

Itulah sedikit informasi ubudiyah tentang bagaimana sholatnya orang yang keihatan dagunya. Terima kasih sudah berkunjung semoga bermanfaat.


Sumber : Buku "Santri Lirboyo Menjawab"

0 komentar: